Bagaimana mempertahankan dan membunuh Virus dengan Menggunakan avast!

tulisan ini dikutif dari blog avas yang saya terjemaahkan,,,

fronline
  karna menurut saya pribadi ,yang mengunakan avas free ini sangat penting..
semoga bermanfaatlangkah langkah sebagi berikut

4.0 Sebelum Anda Mulai

Ada dua bagian dasar untuk berurusan dengan malware dan virus berbagai macam lain bila menggunakan avast!. Yang pertama adalah pemindaian komputer Anda untuk mengidentifikasi ancaman tersebut. Yang kedua melibatkan baik menghapus atau memindahkan ancaman tersebut ke avast! Virus Chest. Menghapus dan / atau memindahkan malware dan virus untuk Virus Chest efektif mencegah mereka dari berinteraksi dengan sistem komputer yang berbeda, misalnya, sistem file atau program email.

Ini mungkin terlihat aneh untuk menyimpan malware atau virus. Namun, jika mereka telah melekat diri ke informasi penting atau sensitif, Anda mungkin ingin memulihkan atau menyimpan dokumen yang terinfeksi, file atau program sejauh mungkin. Pada kasus yang jarang, avast! mungkin misidentify kode yang sah atau program sebagai malware atau virus. Umumnya disebut sebagai 'positif palsu', kode itu atau program-program mungkin penting untuk sistem anda, dan Anda mungkin ingin memulihkan mereka.


Avast! Dada Virus adalah sebuah 'zona mati' elektronik atau 'karantina', di mana Anda dapat memeriksa virus dan menentukan potensi ancaman dengan baik meneliti di Internet, atau mengirimkan ke laboratorium virus - pilihan yang tersedia di avast! ketika Anda klik kanan virus tercantum dalam Dada Virus. Mengklik ganda virus di dada Virus tidak akan mengaktifkan atau menjalankan malware atau virus karena Dada Virus terus terisolasi dari seluruh sistem Anda.

Tip: Atau, Anda dapat mentransfer informasi penting atau sensitif terhadap avast! Virus Chest untuk tetap aman selama serangan virus.

Pada bagian ini, Anda akan:

     Jadilah memperkenalkan praktek-praktek terbaik untuk melindungi jaringan dan / atau sistem komputer pribadi;
     Diperkenalkan ke antarmuka pengguna utama, menekankan KOMPUTER SCAN dan tab PEMELIHARAAN;
     Pelajari cara melakukan scan yang berbeda, dan
     Pelajari cara menggunakan avast! Virus Chest.



4.1 Sebuah Panduan Singkat untuk Menangani Wabah Virus
Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk membatasi ancaman bermusuhan atau berbahaya untuk sistem komputer Anda, misalnya, menghindari situs web yang meragukan atau bermasalah, atau secara teratur menggunakan anti-virus atau anti-spyware program seperti avast! atau Spybot. Namun, kami juga kadang-kadang menemukan diri kita harus berbagi jaringan wilayah lokal (LAN) dan / atau koneksi internet. Poin-poin berikut ini ditawarkan untuk dipertimbangkan ketika berhadapan dengan serangan virus dalam pengaturan komunitas atau saat di tempat kerja:


    
Putus komputer Anda dari Internet atau jaringan lokal - secara fisik. Jika Anda memiliki koneksi nirkabel, putuskan komputer Anda dari jaringan nirkabel itu sendiri. Jika memungkinkan, nonaktifkan dan / atau mengeluarkan kartu nirkabel Anda.

    
Jika komputer Anda berada pada jaringan, Anda harus segera melepas semua komputer pada jaringan dari Internet, dan kemudian melepaskan mereka dari jaringan lokal. Setiap pengguna harus berhenti menggunakan jaringan dan mulai berjalan avast! atau serupa dipercaya software anti-virus untuk mendeteksi dan menghapus virus. Hal ini mungkin tampak seperti proses melelahkan, namun sangat penting dalam mempertahankan sistem individu dan integritas jaringan.

    
Jadwal scan boot-waktu untuk semua komputer pada jaringan. Tuliskan nama virus yang Anda temukan, sehingga Anda dapat penelitian mereka - dan kemudian menghapusnya, atau memindahkannya ke avast! Virus Chest. Untuk mempelajari cara melakukan scan pada saat boot, silakan lihat bagian 4.6 Bagaimana Lakukan Scan Boot-waktu.


    
Bahkan jika virus telah baik dihapus atau diperbaiki, ulangi langkah sebelumnya, dan menjalankan boot-time scan pada semua komputer, sampai avast! tidak lagi menampilkan pesan peringatan. Tergantung pada keparahan dari malware atau serangan virus, Anda mungkin tidak perlu melakukan scan pada saat boot lebih dari sekali.
Untuk informasi lebih lanjut tentang berurusan dengan wabah malware atau virus, silakan lihat bagian 4.9 Metode Virus Removal Lanjutan.
4.2 Gambaran Umum avast! Main User Interface
Avast! antarmuka pengguna utama terdiri dari empat tab yang terletak di sisi kiri jendela: RINGKASAN, KOMPUTER SCAN, REAL-TIME perisai dan PEMELIHARAAN. Setiap tab dibagi menjadi sub-tab yang mengaktifkan panel yang sesuai.
Langkah 1. Klikuntuk mengaktifkan layar berikut:



Gambar 1: Tab RINGKASAN menampilkan panel Status Sekarang dijamin

Daftar berikut dengan singkat menjelaskan fungsi dari empat tab sebagai berikut:

RINGKASAN: Tab ini fitur Status dan sub-tab Statistik. Status Sekarang sub-tab menampilkan status kerja dari kunci avast! komponen yang digunakan untuk mempertahankan komputer Anda dari malware dan serangan virus. Jendela STATISTIK menampilkan perilaku operasional setiap avast! komponen selama periode satu minggu, satu bulan atau satu tahun.

SCAN KOMPUTER: Tab ini fitur Scan Sekarang, Boot-time Scan dan scan sub-tab Log. SCAN SEKARANG panel daftar pilihan yang berbeda untuk melakukan scan manual. Pane SCAN BOOT-TIME memungkinkan Anda melakukan boot-time scan waktu berikutnya komputer Anda mulai, dan LOGS SCAN menampilkan catatan manual yang berbeda scan dilakukan dalam format tabel.

REAL-TIME perisai: Tab ini memiliki semua monitor atau 'perisai' melindungi berbagai aspek dari fungsi komputer, dimulai dengan SHIELD SISTEM FILE. Ini menyediakan akses ke pengaturan real-time perisai, termasuk berhenti dan mulai mereka.

PEMELIHARAAN: Tab ini fitur Pembaruan, Pendaftaran, Dada Virus dan Tentang avast! sub-tab. Pane UPDATE memungkinkan Anda secara manual update program dan definisi virus dan panel PENDAFTARAN memungkinkan Anda mendaftarkan salinan Anda avast!. Para DADA VIRUS memungkinkan Anda melihat malware yang berbeda atau virus yang avast! terdeteksi selama pemindaian, dan memungkinkan Anda berurusan dengan mereka dengan cara yang berbeda, termasuk menghapus mereka, memeriksa mereka lebih lanjut atau mengirimkan mereka ke laboratorium virus. Para TENTANG AVAST! panel menampilkan informasi tentang versi terbaru dari avast! pada komputer Anda.

Catatan: KOMPUTER SCAN dan panel PEMELIHARAAN sangat berguna ketika berhadapan dengan malware dan virus.
 


4.3 Cara Memindai untuk Malware dan Virus

Pada bagian ini, Anda akan belajar tentang opsi scan yang tersedia, dan bagaimana menggunakannya. Anda juga akan belajar bagaimana melakukan scan sistem lengkap dan scan folder, serta scan boot-waktu.

SCAN KOMPUTER> SCAN SEKARANG panel menampilkan empat opsi scan yang tersedia di avast; untuk melihatnya, melakukan langkah ini!:

Langkah 1. Klik untuk mengaktifkan layar berikut: 



 


Gambar 2: SCAN KOMPUTER tab menampilkan SCAN SEKARANG panel

Uraian singkat berikut akan membantu Anda untuk memilih opsi scan yang sesuai:

Quick scan: Pilihan ini direkomendasikan untuk pengguna dengan waktu terbatas di mana untuk memindai ancaman potensial atau dicurigai.

Memindai sistem lengkap: Pilihan ini direkomendasikan ketika pengguna memiliki waktu yang cukup untuk jadwal scan menyeluruh sistem anda. Hal ini juga dianjurkan jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan perangkat lunak anti-virus pada komputer Anda. Durasi scan ini tergantung pada jumlah dokumen, file, folder dan hard drive di komputer Anda, dan kecepatan komputer. Silakan lihat bagian 4.4 Bagaimana Lakukan sistem scan Penuh.

Removable media scan: Pilihan ini direkomendasikan untuk pemindaian hard drive eksternal, USB flash drive, dan media lainnya, terutama yang bukan milik kamu sendiri. Ini akan memindai setiap perangkat removable untuk program berbahaya yang secara otomatis dijalankan setiap kali perangkat terhubung.

Pilih folder untuk memindai: Pilihan ini direkomendasikan untuk pemindaian baik folder tertentu atau beberapa folder, terutama jika Anda mengetahui atau mencurigai, bahwa file tertentu atau folder mungkin terinfeksi. Silakan lihat bagian 4.5 Bagaimana Lakukan scan Folder.

Tip: Setiap opsi scan memungkinkan Anda melihat rincian scan, misalnya, daerah yang dipindai. Klik
untuk meninjau mereka. Jika Anda memiliki pengetahuan atau memiliki keterampilan komputer tingkat lanjut atau ahli, klik

untuk
memperbaiki virus parameter memindai untuk setiap opsi scan.


4.4 Bagaimana Lakukan scan Sistem Kendali

Untuk melakukan scan sistem lengkap, ikuti langkah berikut:

Langkah 1. Klik

pada opsi scan Kendali sistem untuk mengaktifkan layar berikut:



 
Gambar 3: SCAN SEKARANG panel menampilkan Kendali sistem memindai / scan berjalan ...

Setelah sistem full scan telah selesai, dan jika menjadi ancaman bagi komputer Anda telah ditemukan, panel Full system scan dapat menyerupai layar berikut:

 


Gambar 4: Item lengkap Pindai menampilkan ANCAMAN yang TERDETEKSI! peringatan

Scan sistem lengkap telah mengungkapkan beberapa ancaman; untuk mempelajari apa yang harus dilakukan dengan mereka, silakan lihat bagian 4.7 Bagaimana Deal dengan Virus.

Avast! Dada Virus hanya folder didirikan selama avast! proses instalasi, 'zona mati' elektronik atau 'karantina' dimana malware atau virus yang dicegah dari berinteraksi dengan atau berjalan pada setiap proses komputer Anda.

4.5 Bagaimana Lakukan Scan Folder

Untuk memindai folder, lakukan langkah-langkah berikut:

Langkah 1. Klik di folder Pilih untuk memindai pilihan untuk mengaktifkan layar berikut:



Gambar 5: Kotak dialog Pilih daerah

Kotak dialog Pilih daerah memungkinkan Anda menentukan folder yang ingin Anda scan. Anda dapat memilih lebih dari satu folder untuk tujuan pemindaian. Ketika Anda memeriksa kotak di samping setiap folder, path folder ditampilkan di jalan Terpilih: kolom teks.

Langkah 2. Klik untuk mulai memindai folder Anda, dan mengaktifkan layar berikut:

Gambar 6: Folder scan berlangsung.

Tip: avast! memungkinkan Anda memindai folder individu meskipun standar Windows pop-up menu yang muncul setiap kali Anda klik kanan pada folder. Cukup Pilih yang muncul di sebelah nama folder yang Anda ingin memulai pemindaian virus.

4.6 Bagaimana Lakukan Scan Boot-time

Avast! boot-time scan memungkinkan Anda melakukan full scan hard drive Anda sebelum Microsoft System Operasi Windows mulai berjalan. Pada saat scan boot-time dilakukan, mayoritas program malware dan virus masih aktif, yaitu, mereka tidak punya kesempatan untuk mengaktifkan diri mereka sendiri, atau berinteraksi dengan proses sistem lainnya belum. Dengan demikian, mereka biasanya cukup mudah terkena dan dihapus.

Scan boot-waktu juga langsung mengakses disk, dan bypasses driver untuk sistem file Windows, target favorit dari ancaman komputer yang paling. Ini akan menampilkan bahkan yang paling gigih 'rootkit' - nama untuk bentuk yang sangat ganas dari malware. Sangat dianjurkan bahwa Anda menjalankan scan boot-time bahkan jika hanya ada kecurigaan remote yang sistem komputer Anda mungkin dikompromikan atau terinfeksi.

Opsi Pindai Boot-waktu yang direkomendasikan untuk scan lengkap dan menyeluruh dari sistem komputer Anda. Ini mungkin memerlukan beberapa waktu, tergantung pada kecepatan komputer Anda dan jumlah data dan jumlah hard drive Anda mungkin memiliki. Scan Boot-waktu selalu dijadwalkan untuk waktu berikutnya Anda memulai komputer Anda.

Untuk memindai sistem Anda pada saat boot, melakukan langkah-langkah berikut:


Langkah 1. Klik untuk mengaktifkan panel SCAN BOOT-TIME.

Langkah 2. Klik untuk jadwal boot-time scan waktu berikutnya Anda memulai komputer Anda.

Langkah 3.
Klik untuk memulai scan boot-time segera, jika Anda inginkan.

Catatan: scan boot-time dimulai sebelum sistem operasi dan antarmuka yang dimuat, seperti, hanya layar biru muncul, menampilkan kemajuan scan sebagai berikut:


 
Gambar 7: avast! Boot-waktu yang dijadwalkan memindai
avast! akan meminta Anda untuk respon setiap kali virus terdeteksi, dan untuk Hapus, Abaikan, Pindah atau Perbaikan setiap atau semua virus diidentifikasi, namun disarankan bahwa Anda tidak mengabaikan mereka dalam kondisi apapun. Daftar perintah ini hanya muncul jika virus terdeteksi di sistem anda.


4.7 Bagaimana Deal dengan Virus

Selama avast! proses instalasi, avast! Dada virus dibuat pada hard drive Anda. Virus Chest hanyalah sebuah folder terisolasi dari seluruh sistem komputer Anda, dan digunakan untuk menyimpan malware dan virus terdeteksi selama pemindaian, serta dokumen yang terinfeksi atau terancam, file atau folder.

Jika Anda telah diperbarui meng-upgrade program Anda dan definisi virus, Anda akan terbiasa dengan tab PEMELIHARAAN - yang juga bagaimana Anda mengakses avast! Virus Chest.

Untuk mulai berurusan dengan malware atau virus yang terdeteksi selama pemindaian, lakukan langkah-langkah berikut:


Langkah 1. Klik   untuk mengaktifkan layar berikut: 

 



Gambar 8: HASIL SCAN ANCAMAN menampilkan jendela TERDETEKSI! peringatan

Langkah 2. Klik
untuk menampilkan daftar drop-down dari tindakan yang mungkin untuk diterapkan pada ancaman yang terdeteksi seperti yang ditunjukkan pada Gambar 8 di atas.

Catatan: Dalam latihan ini, kita prihatin dengan memindahkan file terinfeksi ke Dada Virus. Namun, daftar drop-down menampilkan tiga pilihan lain dan mereka dijelaskan di bawah ini:

Perbaikan: Tindakan ini akan berusaha untuk memperbaiki file yang terinfeksi.

Hapus: Tindakan ini akan menghapus - permanen - file yang terinfeksi.

Melakukan apa-apa: Tindakan ini berarti persis apa yang dikatakannya, dan pasti tidak dianjurkan untuk mengobati malware berbahaya atau berpotensi ancaman virus.


lankah ke3 pilih tab move to chest dan klik tombol

da untuk melihat gambar aktif nya lihat gambar di bawah ini


Gambar 9: virus telah dipindahkan ke Virus Chest berhasil

4.8 Cara Menggunakan Virus Chest

Anda sekarang bebas untuk memutuskan bagaimana berurusan dengan virus setelah telah aman pindah ke avast! Virus Chest.
Langkah 1. Klik
dan klik untuk mengaktifkan layar berikut:



Gambar 10: Virus Chest menampilkan dua virus

Langkah 2: Klik kanan virus baik untuk menampilkan menu tindakan yang dapat diterapkan untuk virus dipilih sebagai berikut:



Gambar 11: Menu pop-up tindakan untuk virus dalam Virus Chest
Catatan: Double klik virus di dada Virus tidak akan mengaktifkan atau menjalankannya. Ini hanya akan menampilkan sifat virus, atau pada dasarnya informasi yang sama Anda akan memperoleh dengan memilih Properties dari menu pop-up.
Daftar berikut menjelaskan tindakan yang digunakan untuk menangani virus dalam menu pop-up sebagai berikut:
Hapus: Item ini akan menghapus virus ireversibel.
Restore: Item ini akan mengembalikan virus ke lokasi semula.
Ekstrak: Item ini akan menyalin file atau virus ke folder yang telah ditentukan.
Scan: Item ini akan mengirimkan kembali virus untuk memindai lain.
Submit ke laboratorium virus ...: Item ini akan membiarkan Anda mengirimkan virus untuk analisis lebih lanjut terhadap database virus yang dikenal. Memilih item ini akan mengaktifkan formulir pengajuan virus untuk Anda untuk mengisi dan menyerahkan.
Properties: Item ini akan mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang virus yang dipilih.
Tambahkan ...: Item ini memungkinkan Anda menelusuri sistem anda untuk file lain yang Anda ingin menambah Virus Chest. Hal ini berpotensi sangat berguna jika Anda memiliki file Anda ingin melindungi selama wabah virus.
Me-refresh semua file: Item ini akan memperbarui file Anda, sehingga Anda akan dapat melihat file terbaru.
4.9 Metode Penghapusan Virus Lanjutan
! Kadang-kadang perlindungan yang ditawarkan oleh avast, Comodo Firewall dan Spybot hanya tidak cukup; meskipun upaya terbaik kami, sistem kami pribadi dan kerja tidak menjadi terinfeksi oleh malware dan virus lainnya. Dalam bagian 4.1 Sebuah Panduan Singkat untuk Berurusan dengan Wabah Virus, beberapa metode yang ditawarkan untuk menangani dengan malware dan virus persisten. Namun, ada lagi yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ancaman tersebut dari komputer Anda.
Metode A: Menggunakan CD Penyelamat Anti-malware / DVD
Beberapa perusahaan anti-malware software juga menawarkan 'penyelamatan' anti-virus gratis CD / DVD. Ini dapat didownload dalam format citra ISO (yaitu, sebuah format yang dapat dengan mudah dibakar ke CD atau DVD).
Untuk mulai menggunakan anti-malware CD / DVD, melakukan tugas berikut:

    
Download dan membakar program anti-malware ke CD.
    
Anda dapat menggunakan program gratis seperti ImgBurn untuk membakar gambar ke disk.

    
Masukkan disk untuk komputer yang terinfeksi, CD / DVD player dan kemudian restart komputer Anda dari CD / DVD.
    
Sering kali Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol F10 atau F12 pada keyboard Anda hanya setelah beralih pada komputer. Bayar perhatian khusus ke instruksi pada layar komputer Anda saat itu mulai belajar bagaimana melakukan ini di komputer Anda.

    
Re-menghubungkan sistem anda ke Internet sehingga program anti-malware secara otomatis akan memperbarui definisi virus jika diperlukan, setelah itu akan mulai memindai komputer Anda hard drive untuk menghapus setiap ancaman lunak terdeteksi.
Berikut ini adalah daftar gambar penyelamatan CD:

    
AVG Rescue CD
    
Kaspersky Rescue CD
    
F-Secure Rescue CD
    
BitDefender Rescue CD
Anda juga dapat memindai komputer Anda menggunakan alat-alat berikut, yang dijalankan ketika Windows OS dimulai, namun alat ini bekerja hanya jika virus menginfeksi komputer Anda tidak menghentikan mereka dari operasi:

    
HijackThis dan alat-alat lain dari bebas Clean-up Tools dari perusahaan Trend Micro.
    
RootkitRevealer dari Sysinternals dari Microsoft.
Catatan: Anda dapat menggunakan setiap alat yang tercantum di atas secara terpisah untuk memaksimalkan kemampuan Anda untuk secara efektif membersihkan komputer Anda.
Metode B: Re Instalasi Sistem Operasi Windows Microsoft
Catatan: Sebelum Anda mulai, pastikan Anda memiliki semua lisensi yang sesuai atau nomor seri, dan salinan instalasi untuk OS Windows dan program lain yang Anda butuhkan. Prosedur ini dapat memakan waktu, tetapi layak usaha jika Anda tidak dapat menghilangkan malware dan ancaman virus dengan cara lain.
Pada kasus yang jarang, infeksi virus dapat begitu merusak perkakas perangkat lunak yang direkomendasikan sebelumnya dapat diberikan sia-sia. Dalam situasi seperti ini, kami sarankan Anda melakukan tugas berikut:

    
Buat cadangan atau salinan semua file pribadi Anda pada komputer.

    
Menginstal ulang sistem operasi Microsoft Windows memformat seluruh disk.

    
Update sistem operasi Microsoft Windows setelah instalasi telah selesai.

    
Instal avast! (Atau pilihan Anda program anti-virus) dan memperbaruinya.

    
Instal program apa pun yang Anda butuhkan dan ingat untuk men-download versi terbaru dan semua update untuk setiap program.
Catatan: Dalam situasi harus Anda menghubungkan disk cadangan Anda ke komputer Anda sebelum Anda telah berhasil melakukan tugas ini. Anda mungkin risiko menginfeksi komputer Anda lagi.

    
Menghubungkan disk cadangan Anda ke komputer Anda dan scan secara menyeluruh untuk mendeteksi dan menghilangkan masalah yang ada.

    
Setelah Anda telah mendeteksi dan menghapus masalah, Anda dapat menyalin file dari disk cadangan untuk hard drive komputer.